diposkan pada : 23-10-2023 17:10:31

Apa Saja yang Dilakukan Saat Umroh

Umroh adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam yang mampu secara finansial dan fisik. Ini adalah perjalanan suci yang dilakukan ke Kota Mekah, Arab Saudi, dan memiliki peran penting dalam kehidupan seorang Muslim.

Umroh merupakan salah satu dari dua ibadah besar dalam Islam, yang lainnya adalah Haji. Umroh dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, berbeda dengan Haji yang memiliki tanggal-tanggal tertentu. Artikel ini akan membahas secara komprehensif apa saja yang dilakukan saat umroh.

 

Persiapan Sebelum Umroh

Sebelum berangkat ke Mekah untuk menjalani umroh, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Ini melibatkan aspek fisik, mental, dan finansial.

 

1. Persiapan Fisik

Sebelum berangkat, penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ini melibatkan menjalani pemeriksaan medis, mendapatkan vaksinasi yang diperlukan, dan memastikan tubuh dalam kondisi fisik yang baik. Juga, menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga dapat membantu menghadapi tantangan fisik selama umroh.

 

2. Persiapan Mental

Umroh adalah perjalanan spiritual yang memerlukan ketenangan pikiran. Persiapan mental melibatkan memahami tujuan umroh, yaitu mendekatkan diri kepada Allah, dan berusaha untuk menjalani umroh dengan hati yang tulus dan bersih. Ini juga mencakup pembacaan dan pemahaman mengenai tata cara umroh.

 

3. Persiapan Finansial

Umroh memerlukan biaya yang signifikan. Persiapan finansial melibatkan perencanaan anggaran dan mengumpulkan dana yang diperlukan. Ini termasuk biaya perjalanan, akomodasi, dan makanan.

 

Tiba di Mekah

Setelah persiapan selesai, saatnya untuk tiba di Mekah dan memulai umroh. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dilakukan saat tiba di Mekah:

 

1. Thawaf Umroh

Setelah tiba di Masjidil Haram, langkah pertama adalah melakukan thawaf umroh. Thawaf adalah mengelilingi Ka'bah tujuh kali searah jarum jam. Ini adalah salah satu pilar utama umroh dan harus dilakukan dengan penuh kekhusyukan dan kesadaran.

 

2. Sai

Setelah thawaf, langkah selanjutnya adalah Sai, yaitu berlari-lari kecil antara Bukit Shafa dan Marwah tujuh kali. Ini mengenang perjuangan Hajar, ibu Nabi Isma'il, yang mencari air di padang pasir.

 

3. Tahallul

Tahallul adalah tahap pemendekan atau pencukuran rambut. Bagi pria, ini berarti mencukur kepala, sedangkan bagi wanita, cukup dengan memotong rambut sebagian. Ini adalah simbol kesederhanaan dan ketaatan.

 

Tindakan Selama Umroh

Selama umroh, ada beberapa tindakan penting yang dilakukan oleh jamaah umroh:

 

1. Doa dan Dzikir

Selama umroh, jamaah berfokus pada berdoa dan berdzikir. Mereka meminta ampunan, berbicara dengan Allah, dan memohon kepada-Nya.

 

2. Mencari Keberkahan

Selain thawaf dan Sai, jamaah juga mengunjungi tempat-tempat suci lainnya di sekitar Mekah, seperti Masjid Quba dan Masjid Qiblatain. Mereka juga mencari keberkahan dengan berziarah ke makam Rasulullah di Madinah jika memungkinkan.

 

3. Menyebarkan Kebaikan

Selama umroh, jamaah diharapkan untuk berperilaku baik, membantu sesama, dan menjalani hidup sesuai dengan nilai-nilai Islam. Ini adalah kesempatan untuk merenungkan diri dan memperbaiki diri.

 

Selesai Umroh

Setelah menyelesaikan semua ritus umroh, jamaah mengenakan pakaian biasa kembali dan boleh melakukan apa yang dilarang selama ihram, seperti mencukur rambut dan memakai wewangian. Umroh selesai, dan jamaah bisa kembali ke kehidupan mereka dengan semangat baru dan kesadaran yang lebih dalam tentang agama mereka.

 

Kesimpulan

Umroh adalah salah satu perjalanan spiritual paling penting dalam agama Islam. Persiapan sebelum umroh melibatkan aspek fisik, mental, dan finansial. Selama umroh, jamaah menjalani serangkaian tindakan yang mengingatkan mereka pada nilai-nilai kesederhanaan, kepatuhan, dan keberkahan. Selesai umroh, mereka diharapkan menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih taat.

Umroh bukan sekadar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan rohani yang mendalam. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang apa yang dilakukan saat umroh dan menginspirasi para pembaca untuk menjalani umroh dengan hati yang tulus dan bersih.